Alasan Karyawan Mengundurkan Diri atau Resign



Saat kita bekerja memang membutuhkan suasan yang nyaman. Suasana nyaman bisa bersal dari kantor atau tempat kerja itu sendiri, bisa dari bos atau pimpinan perusahaan, bisa dari rekan kerja atau teman sekantor atau bahkan yang lainnya. Nah beberapa alasan yang sering dijadikan penyebab karyawan mengundurkan diri adalah :

Ada masalah dengan bos atau rekan kerja

Karyawan tidak perlu bersahabat karib dengan bos mereka, namun hubungan baik adalah suatu kewajiban. Bos memainkan peran cukup besar terhadap kehidupan sehari-hari karyawan di kantor, sehingga hubungan yang kurang baik akan sangat mempengaruhi kinerja karyawan. Jika Anda mendengar karyawan mengeluh tentang bos mereka (baca: Anda), sebaiknya mulai cari tahu ada apa sebenarnya. Apalagi, ketika keluhan tersebut tidak hanya datang dari satu karyawan saja. Perhatikan pula hubungan antar karyawan agar Anda tanggap dalam menghadapi konflik seperti bullying di kantor.


Bosan dan tidak tertantang dengan pekerjaannya

Tidak ada yang ingin merasa bosan di kantor, termasuk Anda dan karyawan Anda. Jika Anda menemukan karyawan yang merasa bosan dan tidak tertantang dengan pekerjaannya, bantulah mereka memecahkan masalah ini. Anda dapat meluangkan waktu untuk bekerja secara lebih dekat dengan mereka untuk memastikan karyawan-karyawan Anda merasa terlibat, termotivasi, dan tertantang untuk berkontribusi, menghasilkan sesuatu yang baru, serta mencapai target.


Pekerjaan tidak sesuai ekspektasi awal

Pihak perusahaan harus berhati-hati dalam menyusun deskripsi pekerjaan dan menjelaskan kepada calon pegawai potensial tentang tugas-tugasnya. Persiapkan calon pegawai potensial mengenai pekerjaan yang mereka lamar untuk menghindari pengunduran diri tidak lama setelah mereka masuk. Anda pasti ingin memiliki karyawan paling pintar, berbakat, dan berpengalaman, namun Anda juga harus memastikan bahwa pekerjaan yang Anda tawarkan tepat dengan kualifikasi karyawan tersebut.


Merasa terkekang

Perusahaan atau organisasi banyak berbicara tentang pemberdayaan, kemandirian, dan kebebasan, namun hal-hal tersebut bukanlah sesuatu yang bisa Anda lakukan atau berikan begitu saja kepada seseorang. Hal tersebut adalah karakteristik yang perlu dipahami dan dicapai para pegawai. Sebagai bos, Anda bertanggung jawab memberikan lingkungan kerja yang memungkinkan mereka mencapai hal tersebut. Dengan menciptakan budaya yang bertanggung jawab, Anda menciptakan pula suatu pemberdayaan saat pegawai mengetahui dan menjalankan tanggung jawabnya. Jika mereka merasa kelewat terkekang, Anda pasti sudah paham apa yang akan terjadi.


Kurangnya loyalitas

Setiap tahunnya, berbagai perusahaan membiarkan ratusan bahkan ribuan pegawai keluar dari kantor lama mereka untuk menemukan kesempatan baru di perusahaan lain. Jika dilihat, tidak ada loyalitas dari kedua belah pihak dan masing-masing tidak merasa memiliki keterikatan kuat antara satu sama lain. Atasi masalah ini dengan mulai belajar lebih mendengarkan karyawan untuk menunjukkan bahwa Anda peduli dan memerhatikan mereka sebagai bagian dari perusahaan. Dengarkan kekhawatiran dan saran para pegawai, karena seorang pemimpin yang baik seharusnya mampu membuat para karyawan merasakan kepemilikan dalam perusahaan.


Merasa tidak berkembang

Ketika karyawan menggunakan kemampuan dan keahlian dalam pekerjaan, mereka akan merasa bangga, puas, dan percaya diri. Tentunya mereka ingin berpartisipasi pada aktivitas yang mereka gemari untuk meningkatkan keahlian serta kemampuan diri. Jika pegawai Anda merasa tidak bisa mengembangkan diri di perusahaan Anda, tentu mereka akan mencari tempat lain yang menawarkan kesempatan tersebut. Anda dan perusahaan harus memperbaiki sistem pengembangan diri dan karier karyawan untuk memastikan mereka memiliki kesempatan untuk terus berkembang.


Perusahaan dirasa tidak stabil

Ketidakstabilan perusahaan yang disebabkan oleh menurunnya penjualan, pemutusan hubungan kerja, gaji tidak lancar, kabar buruk, banyak yang mengundurkan diri, merjer, dan akuisisi perusahaan membuat pegawai merasa tidak aman serta mengakibatkan krisis kepercayaan. Kekhawatiran tersebut dapat membuat pegawai Anda ingin keluar dari perusahaan. Berikan transparansi dan kejelasan tentang kebijakan yang akan diambil untuk mengembalikan stabilitas perusahaan. Jika pegawai percaya dan menghormati tim manajemen, besar kemungkinan mereka tidak akan mengundurkan diri.

Mana yang sering anda dapati menjadi alasan keluar kerja?
Previous
Next Post »